Skip navigation


Di dalam pelatihan nasional TOKI I, peserta akan diperkenalkan kepada bahasa C/C++. Penggunaan bahasa ini adalah lanjutan dari penggunaan bahasa Pascal yang telah peserta gunakan pada Olimpiade Sains Nasional. Sangat banyak kelebihan penggunaan C/C++ daripada Pascal terutama dalam segi kecepatan dan fitur-fitur bahasa.

Pertama-tama peserta akan diperkenalkan kepada beberapa aplikasi terkait dengan pemrograman bahasa C/C++

GCC

GCC atau GNU Compiler Collection adalah kumpulan compiler yang dibuat dalam proyek GNU. Awalnya GCC hanya ditujukan sebagai compiler untuk bahasa C (GNU C Compiler), tapi lama kelamaan berkembang menjadi banyak compiler untuk berbagai bahasa pemrograman seperti untuk C itu sendiri (gcc) dan juga untuk C++ (g++) Kumpulan compiler ini merupakan compiler standard yang terdapat pada  sistem  GNU dan merupakan paket minimal pada hampir semua distribusi Linux meski dapat ditemukan juga pada sistem-sistem operasi berbasis UNIX. Compiler gcc dan g++ merupakan compiler yang ditetapkan untuk digunakan oleh peserta pada IOI 2007 di Kroasia yang lalu.

link : http://gcc.gnu.org

MinGW

MinGW atau Minimalist GNU for Windows adalah paket program pemrograman berbasis GNU yang dapat dijalankan di dalam sistem operasi Windows. Di dalam paket ini sudah meliputi program GCC sendiri. Di dalam persiapan pelatnas ini, peserta diminta untuk membiasakan diri menggunakan lingkungan pemrograman dan kompilasi berbasis command line.

link : http://www.mingw.org

DevC++

DevC++ atau DevCpp adalah sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa C/C++. DevC++ ini berjalan di atas sistem operasi Windows dan menggunakan MinGW untuk compiler C/C++nya. Meski demikian DevCpp dikembangkan dalam bahasa Delphi. Aplikasi ini adalah pilihan paling baik untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa C/C++ di atas sistem operasi Windows dalam konteks olimpiade komputer.

link : http://www.bloodshed.net/devcpp.html

About these ads

  1. nggak pake codelite?

  2. ntar deh tahun depan kalo gitu

  3. Mas klo di MinGW kita buat 2 file didalam 1 projct, kanapa pas di-Kompile dan di Execut malah muncul pesan ERROR…
    Pada hal kalo cm ad 1 file aja bisa di-Compile/di-Execut…

    Plisss Ajarin gmna cara nya …!!!

  4. pesan kesalahannya apa ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: