Skip navigation


Akhirnya bisa ngepost juga di blog ini setelah menjalani beberapa minggu rehabilitasi dari kecanduan plurk.

Semester ke 7 ini ternyata gak kalah sibuk dari semester 6 kemarin. Banyak banget tugas. Tapi ada rasa seru juga karena mendapat kesempatan menjadi asisten mata kuliah IF3055 Sistem Operasi. Hal yang paling seru dari menjadi asisten mata kuliah sepertinya adalah bagian merencanakan tugas kuliah. Biasanya dulu yang menjadi korban keganasan tugas kuliah (sampai sekarang masih) yang diberikan oleh asisten yang seakan-akan yang namanya asisten punya peran antagonis, sekarang mendapat peran jadi si asisten tersebut. (kalo udah tingkat akhir khan yang ngasih tugas biasanya langsung dari dosen)

Tugas yang tadi sore dirilis untuk mata kuliah ini sebenarnya tidak terlalu susah. Cuman menambahkan system call baru pada kernel Linux. Kernel ini kemudian dikompilasi ulang dan dipakai untuk menggantikan kernel yang sebelumnya dipakai pada sistem operasi. System call ini nantinya dipakai pada program kecil, dan tugasnya sebenarnya untuk mengembalikan daftar proses yang sedang berjalan pada sistem operasi. Nantinya program akan menampilkan proses-proses tersebut seperti kalau mengeksekusi perintah “ps”.

Untuk nilai bonus kalau dapat membuat patch dari kernel yang sudah dimodifikasi. Bonus lain kalau bisa bikin program lain yang dapat menampilkan proses-proses dengan format tree (seperti perintah “pstree” ) dengan menggunakan system call yang sama atau yang baru. (Tapi dilarang melakukan exec(“ps” ) dkk).

Sebenarnya tugasnya gak terlalu susah ah. Cuman perlu banyak eksplorasi dan kesabaran dalam kompilasi kernel. Soalnya setiap kali mau nyoba system call, kernel harus dikompilasi serta diinstall ulang. Jadi mesti pinter-pinter menyiasati agar gak mesti melakukan kompilasi terlalu berlebihan. Kalau survey awal-awal rata-rata anak-anak 2006nya pada puyeng ngebacanya apalagi pas kemaren presentasi tentang kernel dan system call.

Eh, ada yang bilang tugas ini jauh lebih menarik dan menantang daripada tugas-tugas mata kuliah lain. Bukan saya loh, tapi ada anak 2006 yang bilang. Ahahaha.

Setelah survey-survey, jadi merasa bersalah sama adik yang satu ini yang kehilangan Windowsnya gara-gara nyoba nginstall Ubuntu dual-boot untuk mengerjakan tugas. Yah, buat pengalaman aja yah😀 (Mbok ya pake virtual machine napa sih?)

Tapi mungkin memang sepertinya image asisten Sistem Operasi sebagai asisten yang kejam tugasnya tidak akan lepas dengan mudah..😛

One Trackback/Pingback

  1. By Kompilasi Kernel Linux « Petra’s Techie on 14 Sep 2008 at 9:44 am

    […] Top Posts Zombie ProcessBridging Jaringan Guest OS dengan Host OS pada VirtualBox Tugas Besar I IF3055 Sistem Operasi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: