Skip navigation


Hari ini iseng-iseng eksplorasi ncurses. Ncurses adalah sebuah library untuk manipulasi tampilan text user interface. Dengan library ini kita dapat mengatur tulisan pada terminal. Sebagai contoh, untuk menghapus tulisan pada terminal biasanya diperlukan eksekusi

system("clear");

yakni mengeksekusi command “clear” di terminal melalui program. Dengan library ini juga kita dapat meletakkan tulisan di mana pun pada terminal.

Berikut adalah kode Hello World untuk pemakaian ncurses

/* ncurses1.c */
#include <ncurses.h>
int main()
{
    initscr();
    printw("Hello World !!!");
    getch();
    endwin();
    return 0;
}

Berikut fungsi-fungsi dijelaskan

  • initsrc() adalah fungsi untuk memulai mode ncurses sekaligus menghapus layar
  • printw() adalah fungsi untuk menuliskan string pada layar
  • getch() adalah fungsi untuk menunggu input key dari keyboard
  • endwind() adalah fungsi untuk keluar dari mode ncurses

Untuk mengkompilasi kode tersebut eksekusi command

#gcc -o ncurses1 ncurses1.c -lncurses

Tapi sebelum itu pastikan bahwa libncurses5 telah terinstall di komputer.
Untuk Ubuntu eksekusi

#apt-get install libncurses5

Jika program dieksekusi maka terminal akan terhapus dan keluar tulisan “Hello World !!!”

6 Comments

  1. thx banget atas informasinya

    perkenalkan saya agus mhs semester 2 di UMB. Kebetulan saya lg belajar tentang bahasa c. namun saya mendapat kesulitan karena di kampus dan dosen yang mengajar menggunakan windows sedangkan saya (sendirian) menggunakan linux mint jadi saya tidak dapat bertanya dengan yg lain.

    dalam tugas dan latihan, kami kebanyakan mengunakan , namun apabila telah menggunakan program yang saya buat tidak dapat berjalan (sekali saya informasikan saya menggunakan linux mint), sedangkan teman2 yang menggunakan windows tidak ada masalah.

    ada kawan yg menyarankan untuk menggunakan ncurses. oleh karena itu saya mohon di jelaskan cara penggunaannya dan peng-instalannya ncurses

    terima kasih…

  2. masih kurang jelas permasalahan anda di mana

    untuk instalasi ncurses pada Ubuntu (Linux mint kalau tidak salah derivatnya) bisa dilihat di atas. Ada contoh instalasi libncurses5 beserta cara kompilasi menggunakan libncurses

    untuk penggunaannya mungkin belum bisa saya jabarkan lebih detail berhubung saya sedang agak sibuk, jadinya tidak sempat eksplorasi ncurses

  3. saya mohon maaf mungkin pertanyaan saya kurang begitu jelas.

    didalam latihan saya sering menjumpai penggunaan include
    apabila saya menggunakannya selalu terjadi error, begitu pula dengan penggunaan include, ada beberapa yg bisa digunakan ada pula yg tidak (contohnya untuk menghitung jumlah pangkat digunakan “pow”)

    terima kasih

  4. oh, kadang-kadang menggunakan header saja tidak cukup, harus menggunakan library untuk dilink.
    di beberapa compiler *mungkin* library dari header yang bersangkutan sudah ada. tapi di compiler lain tidak ada.

    sebagai contoh untuk fungsi-fungsi matematika, bisa menggunakan header math.h
    tapi implementasi librarynya tidak dilink secara otomatis oleh compiler (gcc misalnya)
    untuk math.h kita perlu menambahkan argumen “-lmath” pada saat kompilasi.

    kira-kira kebayang?

  5. Kalau ada error : “undefined reference to initscr” bagaimana?
    saya sudah tambahkan libncurses.so dan so.5 ke ld.so.conf

    lalu pada saat compilasi sudah sama persis. Dimana salahnya ya?

    Thanks before

  6. harusnya bisa sih,
    udah coba dilink langsung pas compile?


Tinggalkan Balasan

