Skip navigation


Baca milis Informatika pagi ini bikin geleng-geleng kepala…… Ceritanya adanya anak 2007 yang sedang dirawat di rumah sakit dan rekan-rekannya minta didoakan untuk kesembuhannya. (Secara pribadi saya juga turut berduka cita, semoga cepat sembuh)

Dan ada balasan dari seseorang yang sampai saat ini kelakuannya masih sering bikin geleng-geleng kepala dari mulai sejak saat dibahas di postingan yang dulu bangeeet.

muslim atau non-muslim?

Seriously, gw gak permasalahin norma-norma di agama yang bersangkutan, cuman masalahin etiket nanyain hal-hal yang rada SARA di milis umum. Terus kalo muslim kenapa, kalo non-muslim kenapa gitu? Aneh-aneh aja sih nanyain gituan di milis umum….. *sigh*

Well, mungkin gw bisa kasi solusi secara informatika.

  1. Dengan menggunakan Assertion.
    Dengan menggunakan solusi ini, semua agama orang yang didoakan diasumsikan sama dengan orang yang mendoakan. Oleh karena itu meskipun agamanya berbeda asumsi tetap dibenarkan

    	public class Orang {
    
    		public String agama;
    
    		public void doa(Orang oranglain) {
    			assert oranglain.agama.equals(this.agama);
    			// TODO: baca doa
    		}
    
    		public static void main(String argv[]) {
    			Orang saya = new Orang();
    			saya.agama = "agama1";
    			Orang oranglain = new Orang();
    			saya.agama = "agama2";
    			saya.doa(oranglain);
    		}
    	}
  2. Dengan menggunakan If Then Else. Dengan solusi ini, pertama orang yang mendoakan memeriksa atribut agama dari orang yang ingin didoakan, jika sama maka orang pertama akan melakukan sesuatu. Jika tidak maka orang pertama akan memberikan perilaku lain.
    	public class Orang {
    
    		public String agama;
    
    		public void doa(Orang oranglain) {
    			if (oranglain.agama.equals(this.agama)) {
    				// TODO: lakukan hal satu
    			} else {
    				// TODO: lakukan hal lain
    			}
    		}
    
    		public static void main(String argv[]) {
    			Orang saya = new Orang();
    			saya.agama = "agama1";
    			Orang oranglain = new Orang();
    			saya.agama = "agama2";
    			saya.doa(oranglain);
    		}
    	}
  3. Dengan menggunakan Exception. Dengan cara ini, orang yang mendoakan, akan mendoakan orang kedua tanpa memandang agamanya apa. Urusan ada masalah, seperti tiba-tiba jadi dosa atau doanya gak dikabulkan, itu urusan belakangan lah. Yang penting udah nyoba😛
    	public class Orang {
    
    		public class BedaAgamaException extends Exception {
    
    			public BedaAgamaException() {
    				super("Beda agama");
    			}
    		}
    		public String agama;
    
    		public void doa(Orang oranglain) throws BedaAgamaException {
    			if (!oranglain.agama.equals(this.agama)) {
    				throw new BedaAgamaException();
    			}
    			// TODO: baca doa
    		}
    
    		public static void main(String argv[]) {
    			Orang saya = new Orang();
    			saya.agama = "agama1";
    			Orang oranglain = new Orang();
    			saya.agama = "agama2";
    			try {
    				saya.doa(oranglain);
    			} catch (BedaAgamaException e) {
    				// TODO: lakukan hal lain
    			}
    		}
    	}

Salah gw juga kali ya malah ditanggepin…. Wkwkwkwk…..😆
Sedang bener-bener gak mood mau ngapa2in makanya ngomentarin orang….

UPDATE:
Ternyata yang bersangkutan memilih IF-THEN-ELSE…..

2 Comments

  1. hihi.. kayaknya tu orang mesti dimasukin ke try-throw-throw-…- sampe kernel* deh..

    *) bukan kernel dlm konteks OS tapi aljabar linier alias null space

  2. parah ,
    yang ginian dicodingin ,
    hha :))


Tinggalkan Balasan

