Skip navigation


Ngeliat status di page PHP di Facebook, hari ini PHP berulang tahun ke 14. Sebenernya ultahnya tanggal 8 Juni, sekarang udah 9 Juni, tapi mari kita hormati waktu di benua bagian barat sana. Hehehe.

PHP adalah bahasa pemrograman web yang paling populer di dunia. At least itu menurut gw. Dan PHP adalah bahasa pemrograman web yang pertama kali gw kenal.

Gimana sih gw bisa kenal sama PHP?

Pertama kali gw kenal PHP itu di bangku SMA. Yup, seperti yang gw bilang di post ini, masa SMA adalah saat di mana gw mulai menekuni ilmu komputer. Sebelumnya gw emang pernah kenal Pascal di SD, QBasic, x86 assembly, Visual Basic, dan Java di bangku SMP. Tapi anehnya gw gak pernah setertarik itu sebelum di SMA.

Di SMA gw diminta untuk ikut-ikutan ngurusin web dan forum SMA gw. Gw inget banget pas itu masih pake PHP PostNuke (entah versi berapa) dan phpBB (masih versi 2 pas itu). Pertama-tama belajarnya masih belajar cara make CMSnya itu. Abis itu baru nyoba-nyoba belajar ngedeploy CMS sendiri. Untungnya dulu masih ada namanya PHPTriad yang sekarang sudah tergantikan dengan XAMPP, hehehe. Dan akhirnya terjun ke dunia web development. Baru kenal arti exploit, SQL Injection, sama Cross Site Scripting. Dan sebelum sempat ngebantu guru SMA buat migrasi PHP PostNukenya ke Mambo dan akhirnya ke Joomla yang lebih bagus dan secure.

Pada saat kuliah udah mulai iseng-iseng nyoba ngoprek-ngoprek CMS yang ada di dunia ini mulai dari Joomla, Drupal, dan WordPress. Kemudian beranjak setelah itu make PHP Framework….. Err…. PHP Framework yang pernah dioprek juga terbatas cuman CakePHP, CodeIgniter, dan terakhir my beloved one KohanaPHP. Kalau di bangku kuliah sendiri baru diajarin yang namanya PHP itu pas semester 2, Pemrograman Web tapi itu cuman 2 pertemuan doang. Lengkapnya diajarin di semester 6, mata kuliah bernama Pemrograman Internet di mana juga cuman diajarin sekilas doang. Berhubung tugas-tugas ProgIn itu juga lumayan berat dan susah, jadinya lumayan terasah kemampuan ngoding PHP.

Overall, PHP itu bahasa favorit gw. Even gw udah pernah nyoba ASP, ASPX, dan JSP tapi gw masih lebih prefer PHP. Di antara semuanya PHP itu gw nilai yang paling ringkas, lengkap, dan enak digunakan. Tapi meski belakangan banyak orang udah mulai ke bahasa Ruby yang lebih ringkas dan natural dengan framework Railsnya yang bener-bener dewa lah gw rasa (masih belum ada yang bisa ngalahin kayaknya), gw rasa PHP masih akan banyak dipakai untuk waktu yang sangat lama karena makin lama fitur-fiturnya juga makin bertambah dan makin menarik untuk dieksplorasi.

Bravo, PHP! Happy Birthday! Tak sabar menanti PHP 6! ^_^

Tinggalkan Balasan

