Skip navigation


Seringkali di sebuah domain persoalan kita membutuhkan sebuah perangkat pemrograman untuk menyelesaikan masalah. Berbeda dengan general purpose programming language seperti Java, C, C++, dan lain-lain, ada beberapa bahasa pemrograman yang diciptakan hanya untuk dipakai pada permasalahan tertentu. Bahasa seperti ini disebut DSL atau Domain specific language. Untuk membuat bahasa-bahasa baru seperti ini dibutuhkan kemampuan untuk membuat compiler atau interpreter bahasa tersebut.

Pak Joe baru merilis sebuah tutorial sederhana bagaimana membuat compiler atau interpreter untuk sebuah bahasa pemrograman. Tutorial bisa dibaca di sini. Sejauh yang saya baca, tutorialnya cukup sederhana tapi lumayan komprehensif: mengenalkan kita kepada konsep parsing, abstract syntax tree, assembly, dan lain-lain.

Well, kebetulan saya gak sempat ngambil mata kuliah Teknik Kompilasi, tapi menurut saya ini cukup berguna buat pengenalan awal.

4 Comments

  1. Assalamualikum…nama saya kardaniyati,bisa dipanggil KD :D:D..saya semester akhir kuliah sekarang mengerjakan TA..TA saya membuat compiler sederhana fase analisa lexikal dan analisa sintak…saya bingung harus mulai belajar darimana kira2 anda bisa membantu saya memberikan rekomendasi bacaan untuk bisa saya pelajari..
    makasih bantuaannya

    _kD_:):)

  2. kayaknya banyak deh buku2 Teknik Kompilasi…
    kalo mau parsernya bisa pake yacc

  3. gan gimana buat tombol share this


Tinggalkan Balasan

