Skip navigation


Web Ontology menjelaskan definisi entitas-entitas yang ada pada sebuah semantic web dan relasi satu sama lain. Untuk itu di dalam pengembangan semantic web, ontology merupakan hal yang paling penting. Saat ini belum ada metode pengembangan web ontology yang sudah formal. Langkah-langkah pengembangan ontology sebuah web pada domain tertentu secara sederhana adalah

  1. Acquire Domain Knowledge
    Sumber-sumber informasi dan narasumber harus dikumpulkan untuk dapat mendefinisikan istilah-istilah yang ada pada sebuah domain tertentu.
  2. Organize the OntologyPengembang harus merancang konsep keseluruhan dari domain tersebut. Kegiatan ini mencakup identifikasi konsep-konsep penting pada domain dan properti-propertinya, mengidentifikasi relasi antara konsep-konsep tersebut, membuat konsep abstrak untuk mengorganisasikan hal-hal yang ada, dan menerapkan panduan dari metodologi yang dipilih.
  3. Flesh out the Ontology
    Menambahkan konsep, relasi, dan instansiasi pada tingkat detail yang cukup penting untuk memenuhi tujuan ontology.
  4. Check Work
    Memeriksa konsistensi logika, sintaks, dan semantik dari elemen-elemen yang ada pada ontology. Pemeriksaan konsistensi dapat mencakup klasifikasi otomatis yang mendefinisikan konsep-konsep baru berdasarkan properti dan relasi.
  5. Commit the Ontology
    Melakukan verifikasi ontology kepada para ahli di domain tersebut.

4 Comments

  1. pembahasannya menarik…
    saya juga tertarik dengan perkembangan semantik web (OWl, RDF, dll)
    tapi saya masih bingung dalam ngebangun webnya, saya inginnya pake php,,,
    tolong share tutorialnya ya giamana cara bikin ontologi web pake php…please!

  2. sekarang saya sedang mencoba ARC (http://arc.semsol.org/)
    nanti kalau sudah lumayan memahami akan saya coba share di sini ^_^

  3. salam🙂,

    ARC (http://arc.semsol.org/) sudah fasih belum mas

    kalo sudah share dong, saya juga lagi maenan arc .. semoga bisa saling berkolaborasi dan melengkapi …

    terima kasih

  4. Kasih pencerahan dong gan, . .

    Saya sedang membuat aplikasi sederhana menggunakan ontologi (rdf database).
    Bagaimana cara compact dan repairnya?
    Saya juga tidak tahu bagaimana mengukur kecepatan akses rdf database, apa perbedaan database rdf dengan database biasa jika dilihat dari segi kecepatan akses dan keamanannya?

    Terimakasih, saya tunggu


Tinggalkan Balasan

