Skip navigation


Gw disuruh membantu pengelolaan situs untuk konferensi yang diadakan oleh kelompok keahlian di program studi gw. Oleh dosen yang meminta bantuan, gw dikenalkan oleh sebuah sistem pengelolaan informasi konferensi bernama Open Conference System. Sistem ini adalah satu dari banyak subproyek  Public Knowledge Project. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas riset dari segi bantuan pengelolaan di bidang akademik: publikasi makalah, pengelolaan konferensi, dan lain-lain.

OCS memiliki fungsi lengkap yang dibutuhkan dalam pengelolaan sebuah konferensi. Fungsi ini mulai dari registrasi peserta pemakalah maupun peserta biasa, pengumpulan makalah, penjadwalan pengumpulan, pembayaran registrasi, manajemen informasi konferensi, dan lain-lain. Selain itu sebuah sistem OCS dapat digunakan untuk beberapa konferensi dan beberapa acara dari konferensi tersebut. Misalnya, OCS dapat melakukan manajemen konferensi biologi dan konferensi informatika yang diadakan oleh sebuah universitas dan melakukan manajemen acara tahunan untuk kedua konferensi tersebut.

OCS ini berada dalam lisensi GPL. Selain itu sistem ini juga mendukung pembuatan tema, bahasa, dan plugin karena arsitekturnya yang sangat modular. Sebagai contoh, saya telah menambahkan tema situs www.itb.ac.id dan sedang melakukan translasi ke bahasa Indonesia untuk konferensi yang saya ceritakan di atas.

3 Comments

  1. ocs kan berat pet, apalagi kalo hosting di dalem itb.

    • oh ya? ada alternatif gak?
      tapi kayaknya biasa2 aja ah

      • ho oh, 2-3 kali wordpress

        bikin sendiri pet😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: