Skip navigation


Kemarin saya dijebak diminta untuk mengisi pelatihan Java untuk OSUM UPI. Saya membawa sesi terakhir dari 6 sesi pelatihan. Pelatihan ini diadakan setiap Sabtu selama 3 minggu di mana setiap hari terdapat 2 sesi. Pelatihan ini ditujukan bagi mahasiswa UPI dan untuk tingkat pemula. Awalnya saya dijebak diminta untuk mengisi materi Netbeans Platform. Tapi agaknya terlalu jauh melompat tingkatnya. Akhirnya saya menawarkan mengisi materi konkurensi di Java.

Materi yang saya bawakan adalah pengantar konkurensi. Saya mengenalkan tentang Thread dan fitur-fitur manajemen Thread yang disediakan oleh Java seperti sleep, interrupt, join, dan wait (yang terakhir ditambahkan di detik-detik terakhir). Selain itu saya juga mengenalkan metode untuk sinkronisasi antar Thread. Dan terakhir saya menyinggung sedikit mengenai Timer.

Modul pelatihan dan slide presentasi dapat dilihat di bawah.

8 Comments

  1. Wah java minded nih….salam kenal ya. Saya juga mulai jatuh cinta sama Java, sejak saya ngerjakan tesis saya yang menang diharuskan pake framework yang dikembangkan pake java. Dulunya saya familiar pake Clipper, trus visual eh malah diharuskan pake java….untunglah dan kelar, dan sebagai imbasnya….sekarang saya jatuh cinta sama java

    salam

    • waduh, baru diposting beberapa menit yang lalu udah ada balasan aja.
      salam kenal juga.

  2. Tanenbaum all over again :p

  3. nggak ngebahas concurrency vs parallelism pet? *kabur*

    • cuman nyinggung dikit 1 kalimat, kalo konkurensi itu kayak gini kalo parallelism itu yang kayak gitu.
      ada yang sampe nanya soal cloud computing pula *doh*

  4. “ada yang sampe nanya soal cloud computing pula *doh*”

    Hei, that was me..! LOL

    Anyway, Thank’s for sharing with us (ILKOM-UPI).

    You actually made concurrency seems easy to understand.


Tinggalkan Balasan

