Skip navigation


Mungkin gw udah cerita di beberapa post lalu kalau pada semester ini gw mengambil mata kuliah Sistem Rekognisi. Permasalahan yang dihadapi kali ini adalah bagaimana menipiskan ketebalan sebuah gambar pada karakter yang ingin direkognisi. Penipisan ini dilakukan untuk mengambil fitur-fitur penting dari karakter tersebut. Algoritma ini disebut thinning. Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di sini.

Algoritma yang gw gunakan di sini adalah algoritma yang dikemukakan oleh Zhang-Suen dalam paper mereka yang berjudul “A Fast Parallel Algorithm For Thinning Digital Pattern“. Pada intinya algoritma ini menggerus titik-titik yang berada di luar sebuah gambar. Penggerusan ini dilakukan hingga ketebalan menjadi tinggal sebuah pixel dengan konektivitas yang terjaga. Algoritma ini terbagi menjadi dua subiterasi. Sub-iterasi pertama menggerus bagian selatan-timur dari gambar dan sub-iterasi kedua bagian utara-barat.  (detailnya baca di paper :P) Subiterasi dapat dilakukan secara paralel sehingga proses bisa dilakukan lebih cepat.

Di atas adalah contoh hasil dari implementasi. Kode dapat diambil di sini (rename odt ke zip)

7 Comments

  1. sii..p
    buat info nya…

    • ni gmn cra download source code nya sich???

      • diklik aja linknya. terus direname ke zip.

  2. Brother, ada program untuk algoritma stentiford gak ? Kalo ada saya minta tolong kirimkan ke email saya brother, perlu banget. Kalo ada harap kirim ke : ksimanjuntak2@gmail.com
    makasih sebelumnya ya brother🙂

  3. izin pake gan..:D
    thanks…

  4. Gw suka tu dgn source nya,tp inputannya harus udah teratur gitu,gimana kalau tulisan tangan yang ditebalkan,tp kalu di thinning hasilnya putus”….bisa bantu gak????

  5. ane minta paper nya dong.., boleh??
    tolong kirim ke e-mail ane ya..

    aoelea@yahoo.com

    Thanks, brader


Tinggalkan Balasan

