Skip navigation


Sebagai salah satu dari banyak komunitas berbasis pengembang perangkat lunak, komunitas Java User Group Bandung (JUG-Bandung) memiliki motivasi untuk saling berbagi ilmu di antara anggotanya. Motivasi ini lah yang mendorong JUG-Bandung untuk mengadakan acara Java User Meetup (JAMU) untuk pertama kalinya. Acara ini diselenggarakan hari Sabtu 8 Mei 2010 lalu di Labtek Benny Subianto, ITB. Terselenggaranya acara ini adalah hasil kerja sama dengan Open Source User Meetup (OSUM) ITB dan Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB.

Ada 2 sesi yang menjadi agenda pada acara JAMU ini. Sesi pertama adalah sharing komunitas yang dibawakan oleh perwakilan pengurus JUG-Bandung, Eko Khannedy (yang enggan disebut ketua pengurus meski Eko adalah penginisiasi komunitas). Sesi kedua adalah knowledge sharing dari Muhammad Ghazali yang juga pengurus JUG-Bandung tentang eksplorasinya dalam teknologi Google Web Toolkit.

Pada sesi pertama, Eko memberikan presentasi mengenai komunitas JUG-Bandung mulai dari sejarah, visi misi, tujuan, serta kegiatan-kegiatan yang direncanakan akan dilakukan oleh JUG-Bandung. Presentasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meminta masukan dari peserta karena acara ini merupakan acara pertama yang mempertemukan para anggota komunitas yang biasanya hanya berdiskusi di dunia maya. Yang turut memberikan sambutan pada sesi ini adalah Alex Budiyanto yang merupakan Community Manager dari Sun Oracle. Perlu ditekankan di sini bahwa komunitas terbuka untuk semua orang tanpa peduli kemahiran dalam menggunakan Java ataupun profesinya (mahasiswa, profesional, dll). Keberadaan pengurus bukan berarti pengurus lebih mahir Java daripada anggota, melainkan untuk memfasilitasi jalannya diskusi dan acara sehingga kenyamanan semua anggota dapat terjaga.

Terakhir, Ghazali atau Ghanoz memberikan presentasi mengenai Google Web Toolkit (GWT). GWT adalah sebuah framework pembangunan web yang dikembangkan oleh Google. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan bahasa Java (atau Python). Hasil dari pemrograman akan digenerate menjadi sebuah halaman HTML dan kode-kode Javascript. Salah satu keuntungan dari GWT adalah aplikasi yang dibangun dapat dijalankan pada banyak browser tanpa harus melakukan instalasi aplikasi tambahan untuk browser.

Secara keseluruhan, acara ini diikuti oleh peserta dengan antusiasme yang tinggi. Yang hadir dalam acara ini sekitar 60 orang. Hampir seluruh peserta adalah mahasiswa-mahasiswa universitas dari Bandung seperti ITB, UNIKOM, UPI, dll. Tetapi juga peserta yang berprofesi sebagai IT professional dan pegawai negeri sipil.

Para peserta juga merasa antusias untuk mengikuti acara JaMU berikutnya ataupun pelatihan-pelatihan yang akan diselenggarakan oleh JUG-Bandung. JaMU berikutnya direncanakan untuk mengangkat materi seputar pengembangan aplikasi handset berbasis Java seperti Java ME, Android, dan BlackBerry. Tidak hanya mengenai pembahasan teknologinya, tetapi juga akan ada presentasi produk handset yang dikembangkan oleh anggota komunitas dengan menggunakan Java.

Tulisan Terkait

  1. Laporan JAMU (Java Meetup) Java User Group Bandung
  2. Introduction to Google Web Toolkit – part 1

One Comment

  1. Mantap, ditunggu Meetup JUG-Bandung berikut-nya dan juga follow up dari Petra Nova😉 *eh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: