Skip navigation


Crash Failure dan Crash Recovery adalah 2 buah model di dalam bidang sistem terdistribusi. Di dalam crash failure ketika sebuah proses mengalami crash maka proses tersebut tidak akan dapat beroperasi kembali di dalam sistem. Model ini adalah model pertama yang diperkenalkan ketika belajar mengenai algoritma terdistribusi. Akan tetapi di dalam kenyataannya, proses-proses dapat kembali bekerja setelah mengalami crash.

Di dalam model Crash Recovery, sebuah proses miliki dua buah keadaan yakni up dan down. Up adalah keadaan di mana proses sedang beroperasi dan sebaliknya down adalah keadaan di mana proses sedang tidak beroperasi. Perubahan keadaan dari up menjadi down disebut crash dan perubahan sebaliknya disebut recovery. Sebuah proses dikatakan always up jika di dalam melakukan aktivitasnya proses tidak pernah sekalipun mengalami down hingga selesai. Di sisi lain, ada sebuah keadaan yakni unstable jika proses tersebut mengalami crash dan recovery secara berturut-turut dalam jumlah yang sangat banyak. Ketika itu proses dianggap tidak beroperasi dengan baik.

Berbeda pada model Crash Failure, pada Crash Recovery sebuah correct process adalah proses yang pada suatu waktu akan up secara permanen (dalam hal ini dianggap memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan aktivitasnya). Sedangkan sebuah faulty process adalah proses yang pada suatu waktu akan always down atau unstable.

Di dalam melakukan aktivitasnya sebuah proses akan dilengkap dengan 2 buah tempat penyimpanan: volatile memory dan stable storage. Ketika sebuah proses mengalami crash maka data yang disimpan pada volatile memory akan terhapus sedangkan data yang disimpan pada stable storage akan tetap utuh. Oleh karena itu stable storage ini digunakan untuk mengembalikan state atau data-data yang diperlukan pada saat proses melakukan recovery.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: