Skip navigation


Beberapa hari ini saya berkutat dengan aplikasi Excel menggunakan Macro VBA. Sebenarnya sejak dulu saya kurang suka memrogram menggunakan Visual Basic, tapi kali ini bisa dijadikan pengalaman yang cukup menarik.

Salah satu hal yang membuat saya merasa kesulitan di awal memrogram macro Excel adalah dalam penamaan cell pada Excel di mana terdapat aturan penanda kolom yang menggunakan alfabet sementara penanda baris menggunakan angka. Misalnya saya ingin menunjuk cell pada kolom ke-2 dan baris ke-3, saya harus mengubahnya menjadi “B3”. Di bawah ini adalah kode untuk melakukan pengubahan nomor kolom menjadi nama. Kode ini saya dapatkan dari salah satu pertanyaan di StackOverflow.com. (I love StackOverflow.com!)

Public Function getColumnName(colNum As Integer) As String
    Dim d As Integer
    Dim m As Integer
    Dim name As String
    d = colNum
    name = ""
    Do While (d > 0)
        m = (d - 1) Mod 26
        name = Chr(65 + m) + name
        d = Int((d - m) / 26)
    Loop
    getColumnName = name
End Function

Contoh penggunaannya adalah

Dim rngData as Range
rngData = Worksheet(0).Range(getColumnName(1) & 2, getColumnName(3) & 4)

Kode di atas akan mengembalikan Range data dari cell A2 hingga C4.

Tinggalkan Balasan

