Skip navigation


Saya sangat senang menggunakan XAMPP baik itu di Windows maupun Linux karena instalasi yang sangat simpel. Apalagi jika digunakan di Linux, kita tidak perlu pusing-pusing menjalankan perintah-perintah instalasi (apalagi juga mengcompile source code). Cukup download paket programnya, kemudian extract di direktori yang diinginkan.

Hanya saja belakangan saya membutuhkan memcached untuk instalasi XAMPP di komputer saya untuk mengetes aplikasi web saya yang menggunakan memcached. Sebenarnya bisa tinggal instalasi php extension untuk memcached dari PECL.

$/opt/lampp/bin/pecl install memcache

Masalahnya ini tidak bisa langsung dilakukan karena ada perbedaan arsitektur antara XAMPP dengan komputer saya. XAMPP for Linux (atau sering disebut LAMPP) yang saya instal menggunakan arsitektur 32 bit (sepertinya memang hanya disediakan yang 32 bit) sementara komputer saya menggunakan Ubuntu 64bit. Meskipun berhasil diinstal tetapi nanti tidak bisa dijalankan.

Jadi untuk extension ini saya terpaksa melakukan instalasi manual menggunakan source code.

Pertama-tama saya harus download paket XAMPP yang versi development karena untuk melakukan instalasi extension secara manual membutuhkan header file sementara saya sudah terlanjur install paket XAMPP yang tinggal instal. (Mungkin lain kali ada baiknya install XAMPP yang versi development dan lakukan instalasi manual). Setelah itu semua header file di direktori includes saya salin ke instalasi XAMPP saya.

$tar xvf xampp-linux-devel-1.7.7.tar.gz
$sudo cp -rf lampp/includes /opt/lampp/

Untuk melakukan instalasi manual jangan lupa untuk menginstall perangkat compiler (seharusnya yang di bawah sudah lengkap)

$sudo apt-get install gcc g++ libc6-dev g++-multilib

Sekarang download paket memcache extension dari PECL.

$wget http://pecl.php.net/get/memcache-3.0.6.tgz
$tar zxf memcache-3.0.6.tgz
$cd memcache-3.0.6

Setelah itu kita melakukan kompilasi paket yang sudah didownload.

$/opt/lampp/bin/phpize
$CFLAGS=-m32 CPPFLAGS=-m32 CCASFLAGS=-m32 ./configure --enable-memcache --with-php-config=/opt/lampp/bin/php-config
$make
$make test
$make install

Terakhir tinggal menambahkan baris di bawah di php.ini

extension=memcache.so

Untuk menggunakannya tinggal merestart Apache-nya.

Tinggalkan Balasan

